Article

9 Strategi Sukses Usaha Mie Ayam Dengan Tips Berikut

strategi sukses usaha mie ayam tahun ini

Peluang usaha setiap harinya semakin melebar. Dari segmen-segmen mainstream sampai segmen indie/khusus. Untuk segmen mainstram kamu bisa membuka rumah makan, kedai mie ayam, kedai bakso dan kedai minuman dingin. Sementara pada segmen khusus ialah usaha vape, sampai tempat ngopi.

Usaha ditentukan dari bagaimana anda membangunnya. Perlu strategi jitu agar bisnis bisa tumbuh dan melebarkan sayapnya. Banyak faktor pendukung supaya usaha tetap maju dan tidak sedikit juga hambatannya.

Pilihlah sebuah bisnis yang anda sukai. Jika anda suka makan mie ayam. Maka cobalah untuk menjadi produsen mie atau juga bisa berjualan mie ayam. Coba pada setiap kedai mie ayam, cari yang paling cocok di lidah anda. Di inovasikan rasa kedai satu dengan kedai lainnya agar memiliki rasa paling enak.

Mie ayam adalah salah satu makanan tak lekang oleh zaman. dari zaman dahulu sudah ada hingga sekarang. Populernya mie ayam di Indonesia. Bahkan mie boleh dikatakan menjadi makanan nomor dua pengganti nasi.

Kandungan pada mie ialah karbohidrat. Itulah mengapa mie mengenyangkan di perut. Variasi mie di Indonesia juga cukup banyak. Ada mie instant, mie ayam, mie pangsit, mie aceh, mie gomak, mie kocok bandung, mie titi makassar dan masih banyak lagi.

Inovasi pada mie ayam di era sekarang terbilang menarik. Mie ayam di ubah menjadi makanan berkelas. Ada yang menginovasikannya sebagai mie sehat, mie pelangi (warna-warni) dan inovasi varian topping anti mainstream. Dari penyajiannya kadang dibuat berbeda, memakai mangkuk mini, memakai mangkuk jumbo, memakai hot plate serta memakai mangkuk dari kulit pangsit goreng.

Membuka usaha mie ayam gampang-gampang sulit. Pasalanya anda harus memperhatikan kualitas mie, resep serta konsep berjualan. Untuk itulah artikel ini dibuat agar beberapa Faktor usaha lebih maju. Ada 10 strategi sukses usaha mie ayam dengan tips berikut ini.

1. Pemilihan Resep Yang Enak

Resep yang enak akan menentukan pembeli balik lagi ke tempat anda. Inilah salah satu tips wajib dipelajari. Resep mie tidak hanya soal bumbu saat penyajian saja. Tapi dari segmen-segmen sederhana perlu anda pelajari.

Yang pertama ialah buat mie basah/mentah yang enak. Caranya ialah gunakan bahan-bahan berkualitas untuk tepung terigunya. Tambahkan juga telur supaya rasanya semakin gurih. Tentukan tekstur kekenyalan pada mie. Orang Indonesia suka akan mie kenyal dan lembut. pelajari juga cara merebusnya hingga mie benar-benar matang. 1-2 menit biasanya untuk proses merebus, tergantung besarnya mie anda.

Yang kedua buatlah minyak dengan memakai lemak ayam. Untuk mendapatkan cita rasa gurih. Yang ketiga pilihalh kecap asin yang sudah anda kenal. keempat pilih sawi segar, dan terakhir buatlah ayam semur sesuai resep pilihan anda. Cari yang ternyaman di mulut anda dan para konsumen. Pakai juga ayam asli agar cita rasanya nikmat.

2. PIlihlah Lokasi Strategis

Lokasi adalah salah satu alasan mengapa konsumen datang ketempat anda. Pentingnya memilih lokasi sama halnya penting dalam menentukan mie enak atau tidak. Lokasi yang strategis akan memajukan usaha anda.

Ciri-ciri lokasi strategis ialah yang mudah di lihat, dekat dengan keramaian/jalan raya, tempatnya tidak kumuh dan bisa diakses dengan kendaraan mobil ataupun motor.

Pemilihan lokasi usaha di pinggir jalan menjadi pilihan terbaik. Tempat mie ayam akan lebih mudah terlihat, banyak orang yang berlalu-lalang juga serta mudah diakses oleh kendaraan. Pilihan kedua ialah berjualan di area kampus atau perkantoran padat. Ini menjadi tempat paling strategis untuk usaha makanan.

3. Tempat Yang Menarik

Tempat yang menarik menjadi daya Tarik untuk pengunjung datang. Orang akan lebih penasaran mencoba datang ke tempat anda. Buatlah plang/tulisan menarik pada kedai anda. Bisa dengan slogan unik, ataupun gambar menarik.

Buatlah tempat makan yang nyaman. Suasananya sejuk. Tambahkan juga meja-meja kekinian yang akan memberikan konsumen anda betah.

4. Inovasi Produk

Buat kamu yang baru ingin buka kedai mie ayam, cobalah untuk berinovasi. Buatlah konsep penyajian dan rasa. Untuk rasa kamu bisa mengkombinasikan/membuat sendiri sesuai selera. Cobalah dengan membagikan kepada beberapa orang untuk mengetes hasil lidah mereka. Jika hampir semua bilang enak, kamu bisa memakai resep tersebut. Begitupun sebaliknya, jika separuh berkata kurang enak, kamu harus mencari resep atau menabahkan sesuatu pada mie ayam kamu.

Penyajiannya, kamu bisa menginovasikan dengan berbagai ide. Mulai dari segi topping ataupun dari cara menyajikannya. Untuk topping, bisa memakai ayam semur, ayam panggang, jamur, bakso, pangsit rebus, pangsit goreng, bahkan udang goreng. Kalau mau dari penyajiannya bisa mencoba dengan mangkung yang menarik. Contoh mangkung berukuran jumbo, bentuk mangkuk out of the box atau pakai mengkuk dari kulit pangsit.

inovasi mie ayam untuk ide usaha

5. Faktor Kebersihan

Nah kebersihan adalah yang utama. Konsumen akan merasa tenang memakan mie ayam kamu jika disekelilingnya terlihat bersih. Tidak hanya ruangan saja, peralatan untuk memasak dan untuk customer juga harus higienis. Setidaknya tidak terlihat kotor.

6. Pelayanan pada Customer

Pelayanan adalah alasan orang merasa dihargai. Dalam memesan makanan ataupun ketika makan itu datang. Coba bayangkan jika kamu datang ke kedai makan dan pelayannya memasang wajah cemberut dan berbica ketus? Pasti tidak enak kan. Oleh karena itu, usahakan tetap senyum ketika melayani. Dan usahakan juga menuruti permintaan konsumen yang kadang-kadang agak merepotkan.

7. Promosi

Promosi adalah bagian pemasaran paling efektif. Promosi tidak hanya dilakukan ketika awal buka saja. Kalau bisa promosi tetap dilakukan berkala, mungkin seminggu sekali atau sebulan sekali. hal ini adalah untuk menarik konsumen-konsumen baru atau juga konsumen lama untuk terus datang.

Di era sekarang, promosi tidak hanya dilakukan secara offline (memasang spanduk/membagikan flayer). Cobalah untuk promosi secara online. Ternyata lebih mudah dan tidak memakan waktu cukup banyak. Semua ada dalam genggaman.

8. Kararakteristik atau Ciri Khas

Membangun karakter mie ayam terbilang sulit. Tapi cobalah pikirikan ini dari awal. Contoh saja ada membuat karakter mie ayam karet, karena memang mie sangat kenyal. Ada juga mie ayam rendang, ada juga mie dengan ayam kampong, dan masih banyak lagi.

Cobalah dengan karakter paling beda. Karena orang akan notice kepada kedai mie ayam anda. Mereka akan berbondong-bondong untuk mengunjungi dan mencicipinya.

9. Waktu Usaha atau Berjualan

Waktu berjualan kadang disepelekan. Padahal ini menjadi acuan konsumen datang. Coba saja jika konsumen meniatkan untuk memakan mie ayam anda, namun ketika sampai kedainya tutup. Pasti akan kecewa.

Buatlah jadwal yang pasti. Mulai waktu berjualan sampai tutup berjualan. Jika memang kedai anda ada libur dalam satu minggu, cobalah buat tulisan/info.

Ada 9 strategi sukses usaha mie ayam. Cobalah tips berikut. Perhatikan setiap detailanya. Yang terpenting kamu harus paham tentang mie ayam. Hal ini akan membuat semua hal menjadi lebih mudah. Share artikel ini jika bermanfaat. See you. Bayoran Teknik Mesin Mie.