Article

Cara Membuat Dan Resep Mie Hokkian

Cara Membuat Dan Resep Mie Hokkian mesin mie

Mie dibuat dengan berbagai varian jenis. Ada jenis mie lurus, mie keriting, mie gepeng. Mie juga diberi nama tergantung daerah nya. Ada mie ramen, mie udon, mie telor, mie aceh, mie hokkien, mie karet dan masih banyak lagi. Tapi tahukah anda kalau Mie Hokkian itu cukup di gemari?. Untuk itu akan dibahas tentang Cara Membuat Dan Resep Mie Hokkian.

Mie Hokkian merupakan mie yang berasal dari negeri tetangga singapura. Terkenal sebagai salah satu makanan chinesse food. Memang agak sulit menemukan olahan mie ini. Akan tetapi anda patut mencoba mie hokkian. Karena Mie Hokkian dapat memanjakan lidah anda dengan sensasi padat pada helaian mienya.

Mie Hokkien terbuat dari bahan utama tepung terigu dan diberi tambahan sedikit sagu. Mie Hokkien tidak menggunakan telur sebagai campurannya. Akan tetapi mie ini tidak kalah enaknya dengan mie lain. Ukuran mie hokkian hampir sama dengan mie aceh. Berbentuk bulat dan agak lebar, membuat sensasi tersendiri ketika menyantap Mie Hokkian ini.

Disajikan dengan sayuran dan sambal serta topping seafood yang akan benar-benar memanjakan lidah para penikmat Mie Hokkien. Tak heran bila menemukan kedai mie hokkien selalu ramai pembeli, karena mie ini patut untuk dicicipi para pecinta kuliner. Untuk dapat membuat mie hokkien yang berkualitas, maka diperlukan resep yang baik. Akan dibahas tentang Cara Membuat Dan Resep Mie Hokkian.

mie hokkian enak banget

@kakefoodie

Bahan Mie Hokkien

  • 1 Kg tepung terigu cakra kembar
  • Air abu 2-3 sendok makan
  • 1 sendok makan garam
  • 2 ons tepung tapioka/sagu
  • Pewarna makanan (agar berwarna kuning)
  • Air

Langkah Membuat Mie Hokkian

  1. Siapkan wadah literan untuk memasukan air abu, garam, sedikit pewarna makanan dan air dengan total 400 – 450 ml.
  2. Aduk air tadi hingga bahan tercampur rata.
  3. Siapkan wadah besar memasukan tepung terigu dan tepung tapioka/sagu.
  4. Kemudian masukan adonan air tadi ke dalam wadah tepung
  5. Aduk hingga tercampur rata.
  6. Giling / press mie dengan Mesin Mie atau dapat dilakukan dengan manual hingga adonan kalis (melakukan giling manual membutuhkan waktu yang cukup lama).
  7. Setelah di giling dan menjadi lembaran, maka cetak mie dengan ukuran pisau 2 mm.
  8. Sehabis dicetak, taburi dengan sagu sedikit saja agar mie tidak menempel.

Itulah beberapa langkah membuat Mie Hokkian. Sangat mudah kan dalam membuat Mie Hokkien. Tekstur dari mie ini akan sedikit kenyal karena ada tambahan tepung tapioka/sagu. Anda dapat mecoba membuat mie ini dirumah. Tinggal lihat Cara Membuat Dan Resep Mie Hokkian ini. Membuat mie gampang-gampang sulit, tapi dengan ketekunan dapat membuat mie dengan hasil yang memuaskan.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *