Article

Fakta Menakjubkan Tentang Mesin Pembuat Mie | Wirausaha Wajib Tau

Fakta Menakjubkan tentang mesin pembuat mie yang belum banyak tau

Tahukah kamu, bahwa Indonesia merupakan negara yang mengkonsumsi mie terbanyak nomor dua di seluruh dunia? Mungkin kamu adalah salah satunya? Setiap harinya orang Indonesia mengkonsumsi mie dengan berbagai tipe, mulai dari mie instant hingga mie basah atau biasa disebut mie ayam. Inilah segelintir Fakta Menakjubkan tentang Mesin Pembuat Mie di Indonesia.

Menurut sejarah, mie ditemukan di Dataran Negeri China. Berasal dari dinasti Han Timur sekitar tahun 200 SM. Sejarah mencatat bahwa mie tertua berasal dari negeri tersebut. Sampai sekarang pun mie dipercaya dari china walaupun ada beberapa yang mengatakan dari Negara Timur Tengah maupun Negara Italia.

Pembuatan Mie pada jaman dahulu masih memakai teknologi manual. Menggunakan bambu berdiameter besar yang berguna sebagai alat pemadatan/pengenyalan adonan. Alat tersebut digerakan menggunakan tenaga manusia. Orang bekerja dengan cara menaruh adonan diatas meja, dan orang tersebut menggerakan bambunya dengan cara naik turun dan kiri kanan. Cara ini sangat merepotkan, apalagi jika harus membaut mie dalam jumlah banyak.

Teknik menggunakan genjot bambu ini pun masih dipakai sampai saat ini. Ada yang bilang jika membuat mie seperti ini rasanya akan jauh lebih nikmat. Tapi jika dipikir-pikir cara tersebut tidak efektif jika digunakan untuk usaha apalagi di jaman sekarang. Peminat mie yang begitu berjubel, menginginkan mie setiap harinya namun dengan rasa enak.

Oleh karena itu Bayoran Teknik menciptakan mesin pembuat mie modern. Dengan alat canggih dan material terbaik. Sistem kerjanya sama seperti menggenjot menggunakan bambu, namun caranya lebih praktis dan tidak bikin repot. Caranya seperti apa? Simak video berikut ini.

Cara kerja pembuatan mie dimulai dari menyiapakan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti tepung terigu, telur, air dan bahan pelengkap lainnya. Bahan tersebut kemudian dicampurkan/diaduk menggunakan mixer khusus dari Bayoran Teknik. Proses pengadukan ini hanya memerlukan waktu +- 10 menit saja. Adonan akan tercampur dengan rata. Kamu juga dapat melihat proses pengadukannya. Ketika sudah 10 menit, kamu lihat apakah adonan siap untuk di press. Caranya dengan mengepalkan adonan tadi, jika tidak hancur maka sudah bisa di press, namun jika masih hancur itu tanda adonan terlalu kering. Karena terigu memeliki penyerapan air yang berbeda-beda. Itulah mengapa kamu juga harus bisa menyesuikannya.

Proses selanjutnya ialah proses pengepressan/pemadatan. Proses ini adalah kunci dimana tekstur mie ditentukan. Kenyalnya mie dan padatnya bisa kamu atur disini. Rekomendasi dari kami cukup 5 kali press saja. Karena jika terlalu banyak di press mie akan terlalu padat, hasilnya mie akan keras dan tidak akan matang ketika di masak.

Mie di nilai dari rasa dan teksturnya. Jika mie direbus tanpa memakai bahan penyedap apapun sudah terasa enak, maka mie tersebut berkualitas bagus. Telur dan terigu akan menentukan cita rasa dari mie tersebut.

Pilihan mesin pembuat mie di Bayoran Teknik sangat beraneka ragam. Mulai dari kapasitas rumahan, restoran sampai kapasitas pabrik juga tersedia. Untuk pemula biasanya direkomendasikan memilih mesin mie tipe KL 945. Sedangkan jika ingin untuk home industri atau restoran bisa pakai tipe KT 955 dengan kapasitas 2 kali lipat disbanding tipe KL 945.

Faktanya mesin mie akan sangat berpengaruh terhadap kualitas mie yang dihasilkan. Menjadi sorotan utama ialah gencetan pada saat pengepressan. Itulah mengapa orang dulu menggencet mie dengan bambu berdiameter besar secara berulang, untuk menghasilkan terkstur kenyal. Sama persis dengan mesin pembuat mie dari Bayoran Teknik.

Fakta lainnya dari Mesin Mie adalah mereka mampu memproduksi mie dalah jumlah ratusan kilogram dalam sehari. Customer pun akan senang apabila pesanannya tepat waktu, tentu kamu juga akan meraup untung lebih dari berjualan mie.

Itu mungkin sedikit Fakta menakjubkan tentang mesin pembuat mie. Ayo mulai usaha. Jangan takut, Bayoran Teknik akan mensupport usahamu dalam soal perdunia mie. Jangan lupa share jika artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa.