Di tahun 2017 lalu ada cemilan yang cukup viral dimasyarakat. Cemilan ini berbentuk bulat dan digoreng diatas minyak panas. Makanan ini biasa disebut dengan tahu bulat. Memiliki bentuk yang tidak biasa, tahu bulat kian hits dengan berbagai pilihan level kepedasannya. Rasa yang gurih ditambah bubuk cabai tentu lebih menantang kalangan muda. Apalagi tahu bulat hanya dijual 500 an. Sangat murah dan terjangkau sekali bukan.

Perkembangan tahu bulat tidak lepas dari teknologi dibelakangnya. Ada mesin yang mampu membuat kualitas tahu bulat menjadi terjamin. Tekstur kekenyalan diluar dan lembut didalam harus ada pada makanan ini. Kesederhanaan bahan pembuatannya, hanya bermodalkan ampas tahu/tahu yang sudah dikeringkan. Untuk pencetakannya diperlukan alat yang mampu membulatkan tahu ini menjadi maksimal.

Analisis dan Peluang Usaha Tahu Bulat

Peluang bisnis pada bidang perdagangan tahu bulat cukup menjanjikan. Tak heran beberapa orang sudah mulai mengambil jalan ini. Berjualan tahu bulat bisa dilakukan dimana saja. Mau dirumah ataupun di dipasar dapat dilakukan. Apalagi sekarang era e-commerce mulai berkembang. Banyak orang yang memasarkannya di media social seperti facebook, twitter serta instagram. Ada juga yang membuka toko pada online shop secara gratis, ada tokopedia, bukalapak, shopee, dll.

Oleh karena itu peluang usaha pada bidang tahu bulat sangatlah menjanjikan sekali. Apalagi kecenderungan anak muda sekarang yang hobi ngemil. Tahu bulat cocok menjadi cemilan ataupun lauk-pauk sehari-hari. Kemudahan dalam membuatnya juga harus diperhitungkan. Bahan-bahan yang digunakan mudah dicari disekitaran kita. Jadi tidak perlu takut akan supply bahan bakunya. Anda dapat meminta atau bekerja sama langsung dengan bos di pabrik tahu.

Mesin Cetak Tahu Bulat Sederhana

Mesin pencetak tahu bulat masih sulit dicari di Indonesia. kebanyakan orang masih membulatkannya manual menggunakan tangan. Tak heran bila beberapa tahu bulat tidak berbentuk sepenuhnya bulat. Bayangkan saja bila harus memproduksi 100 kg tahu bulat perhari. Tentu mencetaknya akan sangat merepotkan. Bukan hanya merepotkan, waktu produksi yang diperlukan juga cukup lama serta kualitasnya kurang baik.

BACA JUGA :  Manfaat Membuat Mie Menggunakan Mesin Mie

Bayoran Teknik selaku produsen manufactur dari Indonesia sudah menyiapkan mesin cetak tahu bulat sederhana. Mesin pencetak ini dibuat langsung di Indonesia. Jadi tidak perlu repot-repot lagi membeli barang import. Material yang digunakan pada mesin merupaka material stainless steel (food grade).

Kehebatan mesin cetak tahu bulat adalah kecepatan produksinya. Ada dapat membuat 80-100 butir tahu bulat dalam 1 menit saja. Cepat dan efektif tentunya untuk sebuah produksi massal. Dari sisi kelistrikan alat cetak tahu bulat membutuhkan 1500 watt (1 phase). Memang cukup besar listriknya, tapi mesin akan awet dan tahan lama. Asal voltase tidak turun naik saja.

Ada yang menarik pada mesin tahu bulat. Mesin tahu bulat sekilas memang sama dengan mesin pencetak bakso, akan tetapi bila mesin pencetak bakso hasil/output langsung mengarah kebawah dan diwadahi ember berisi air panas. Sedangkan mesin pencetak tahu bulat ada wadah/jalur lagi yang meilingkar dibawahnya. Kenapa harus melingkar? Supaya tekstur tahu bulat lebih kenyal, kadar airnya pun berkurang serta tidak menempel satu sama lain.

Mesin Pembuat/Pencetak Tahu Bulat Sederhana

Power 1560 WATT
Voltage 220 VAC
Dimension 130 x 65 x 140 cm

Resep Dan Cara Membuat Tahu Bulat Sederhana

  • Tahu putih 500 g
  • Bawang putih 4 siung
  • Telur ayam 1 butir
  • Baking powder 1 sdt
  • Garam 1 sdt
  • Penyedap rasa ayam 1 sdt

Cara membuat tahu bulat kopong :

  1. Hancurkan tahu putih hingga agak halus dalam wadah (mangkok)
  2. Setelah itu dengan menggunakan kain kasa, peras hingga air tahu keluar semua
  3. Tambahkan bawang putih yang telah dihaluskan, telur ayam, baking soda, penyedap rasa, dan garam ke dalam adonan. Aduk hingga rata
  4. Jika dirasa adonan masih terlalu lembek, bisa ditambahkan tepung tapioka sedikit demi sedikit sampai adonan dirasa cukup lembut untuk dibentuk
  5. Masukkan adonan ke dalam kulkas (bukan freezer) selama 15 menit
  6. Bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil
  7. Keluarkan lalu biarkan pada suhu ruangan selama 10 menit
  8. Siapkan minyak dalam wajan, banyaknya minyak sesuaikan agar tahu bisa benar-benar tenggelam dalam minyak
  9. Gunakan api sedang yang cenderung kecil
  10. Masukkan adonan yang telah siap ke dalam penggorengan. Terus bolak-balik tahu agar matangnya sempurna
  11. Tahu bulat siap disajikan
BACA JUGA :  Nyari Tempat Makan Mie Didekat Ibukota? Inilah Yang Banyak Dikunjungi