Terdapat beberapa jenis singkong yang ada di Indonesia. Salah satu olahan singkong adalah dengan dibuat keripik. Nah keripik singkong memiliki terkstur yang berbeda-beda, tergantung jenis singkong apa yang digunakan. Bisa saja jenis itu memiliki tekstur yang lebih keras ada juga yang lembut.

Anak muda jaman now gemar sekali soal urusan ngemil. Apalagi cemilannya menantang seperti rasa yang super pedas. Pastinya disukai dan favoritkan oleh kaum muda. Anak-anak kecil juga suka ngemil, tapi jangan yang pedas, cukup rasa original saja.

Bahan utama keripik singkong yaitu singkong itu sendiri. Singkong diiris tipis-tipis kemudian direndam sebentar, lalu bisa langsung digoreng. Nah setelah proses menggoreng ini tiriskan minyaknya dan anda bisa menambahkan bumbu sesuai selera.

Bumbu pada keripik singkong banyak macamnya, ada rasa keripik balado, rasa keju, rasa original, rasa barberque dan masih ada rasa lainnya. Olahan keripik singkong digemari karena rasanya, tapi juga memiliki harga yang cukup ekonomis. Mengeluarkan budget minim tapi dapat makanan yang cukup banyak hehe.

Selain dibuat keripik, singkong juga dapat dibuat olahan makanan lain seperti getuk, singkong campur gula merah, dan yang kekinian ada singkong Thailand. Jadi singkong adalah bahan yang dapat diolah dengan berbagai menu. Rasa singkong pasti tetap ada, tapi aksen-aksennya lebih menarik.

Nah buat kamu yang lagi bingung mau usaha dengan bahan singkong, ini ada beberapa jenis singkong yang mungkin cocok dengan makanan yang ingin kamu buat.

Singkong Emas

jenis singkong emas untuk ide usaha kuliner

Foto : tempo.co

Singkong emas sendiri adalah hasil perkawinan silang antara singkong karet dan singkong Thailand. Awal mula singkong emas ada di daerah Bengkulu. Ditanam langsung oleh petani disana. Masa panen singkong emas ini adalah 6-7 bulan. Singkon ini terkenal dan biasa digunakan sebagai tepung.

Singkong Mentega

jenis singkong mentega yang enak dan gurih buat keripik

Foto : blogspot.com

Dari namanya saja sudah kepikiran kan. Singkong mentega biasa disebut juga singkong kuning. Singkong jenis ini biasanya diolah sebagai tape, kue singkong dan lain-lain. Warnanya yang kuning menjadi daya Tarik sendiri. Tekstur pada singkong ini sedikit legit daripada singkong yang lain. Masa panen singkong mentega ialah sekitar satu tahun.

Singkong Gajah

singkong gajah untuk ide bisnis usaha anda

Foto : wp.com

Singkong gajah adalah singkong yang berasal dari daerah Kalimantan. Kenapa disebut singkong gajah? Karena singkong ini memiliki bentuk yang terbilang bongsor/besar daripada singkong yang lainnya. Bagi kalian yang usaha kuliner dibidang keripik, singkong gajah menjadi salah satu yang direkomendasikan. Masa panennya juga cukup singkat, sekitar 5-8 bulan saja. Jadi tidak perlu khawatir akan stoknya.

Singkong Putih

singkong putih yang terkenal bersih

Foto : blogspot.com

Singkong putih adalah salah satu jenis singkong yang bertekstur keras. Singkong putih lebih cocok diolah dengan cara direbus. Bisa dijadikan singkong Thailand yang diberi santan, bisa dijadikan kolak singkong. Masa panen singkong putih ini kurang lebih sekitar 10 bulan.

Masih ada beberapa macam lagi jenis singkong yang ada di Indonesia. Untuk kali ini dibahas itu dulu saja. Bagi kalian yang ingin membuka usaha keripik singkong dapat menggunakan jenis singkong gajah atau mungkin singkong lainnya.

Apabila anda kesulitan dalam mengiris/merajang singkong, Bayoran Teknik punya solusinya. Ada mesin slicer singkong, ada juga mesin pengaduk bumbu untuk finishing, serta ada juga mesin spinner untuk meniriskan minyaknya.

 

 

View this post on Instagram

 

Produk terbaru dari Bayoran Teknik. Mesin Pemotong Makanan Multifungsi #mesin #food #peluangusaha #machine #singkong #wortel

A post shared by Bayoran Teknik Mesin Mie (@bayoranteknik) on