Solo atau kerap disebut Surakarta merupakan daerah yang menjadi destinasi wisata pilihan. Di solo sendiri destinasi wisata alam belum terlalu banyak. Namun jangan khawatir, karena destinasi wisata kulinernya melimpah. Makanan khas solo dijajakan begitu menggoda.

Solo sendiri biasa disebut juga sebagai kota batik. Kota dengan berbagai kreatifitas tradisional. Sesekali berkunjunglah ke kota solo, untuk menikmati suasana tenang, ramah, dan menyenangkan pikiran. Kuliner dari solo begitu banyak macamnya. Dari yang sederhana hingga turun temurun warisan nenek moyang. Apa saja sih makanan dari solo ini, yuk simak.

Sate Buntel, Makanan Kesukaan Presiden Indonesia

Image : wp.com

Sate buntel adalah makanan yang terbuat dari daging kambing yang di hancurkan. Hancuran daging kambing tersebut kemudian dibuntal dengan tusukan sate. Seperti sate pada umumnya, cara memasaknya dibakar menggunakan bara api. Aroma pada sate buntal begitu menggugah selera. Pasalnya ada sedikit lapisan lemak pada sisi luar sate buntel.

Mantan Presiden Indonesia terdahulu juga senang menyantap sate buntel solo. Ketika berkunjung ke solo biasanya beliau tak lupa mampir untuk memakan sate ini. Kabarnya juga Presiden Jokowi juga gemar memakan sate buntel. Jika presiden kita saja suka, kenapa tidak kita coba mencicipinya. Siapa tau bisa jadi makanan favorit.

Es Gempol Pleret, Segar Dan Bikin Adem Tenggorokan

Image : okeinfo.net

Bagi para penyuka makanan legendaris, es gempol pleret bisa anda coba. Makanan dingin yang terbuat dari tepung beras. Aroma wangi pandan tercium ketika makanan ini tersaji. Boleh dibilang makanan ini sangat legendaris di Solo. Pasalnya hanya tinggal sedikit saja orang yang menjual makanan ini. Jadi kalau anda ke solo dan menemukan penjual es gempol pleret, jangan lupa di icip-icip ya.

Brambang Asem, Cemilan Yang Asik Untuk Menikmati Hari

brambang asem

Image : cpcdn.com

Brambang asem ialah makanan yang terbuat dari daun ubi yang sudah direbus. Tambahan brambang asem ada seperti tempe gembus, tahu gembus, tauge, telor asin dan masih banyak yang lainnya. Ada tambahan sambal kacang yang akan menyirami makanan ini. Mirip dengan pecel, tapi rasanya unik dan beda sih.

Nasi Liwet, Sangat Khas Solo Dan Penggemarnya Banyak Sekali

nasi liwet

Image : imgix.net

Nasi liwet adalah makana nasih putih yang disajikan bersama dengan lauk pauknya. Terdiri dari daun labu, telur rebus, suwiran ayam serta siraman santan diatasnya. Rasa yang tercampur membuat siapapun yang menyantapnya akan ketagihan. Makanan yang sangat khas solo dan super direkomendasikan.

Soto Timlo, Jangan Sampai Kelewatan Kalau Mempir Ke Solo

soto timlo

Image : pegipegi.com

Soto timlo adalah salah satu makanan legend khas dari solo. Sajian yang nikmat bisa anda nikmati pada satu mangkuk soto ini. Perpaduan sosis solo, suwiran ayam, soun serta siraman kuahnya benar-benar menjadi cita rasa yang luar biasa. Tak heran bila soto timlo sangat digemari. Apalagi bila di santap ketika cuaca dingin.

Tengklek, Sajian Unik Tradisional Khas Turun Temurun

Image : tempo.co

Tengklek merupakan makanan khas solo lainnya. Masakan ini terbuat dari tulang kambing/sapi dengan sedikit daging yang menempel. Mirip seperti sop iga sapi. Hanya saja kuah tengklek berwarna kekuningan. Soal rasa tak perlu diragukan lagi. Cara penyajiannya pun unik. Wadah yang seperti mengerucut dengan tatakan daun pisang. Mantap pokoknya.

Jika anda jalan-jalan ke solo jangan lupa mampir dan icip-icip makanan khas solo tersebut. Para pemburu kuliner juga bisa datang ke solo. Selain rasa yang enak, harga yang ditawarkan pun cukup menghemat kantong. Yuk jalan-jalan ke solo.