Bakso merupakan salah satu makanan kesukaan orang indonesia. Terbuat dari daging sapi yang dibentuk bulat-bulat. Umumnya bakso disajikan bersama kuah kaldu. Paling cocok dimakan saat cuaca dingin.

Hal pertama yang dirasakan pada makan bakso adalah kekenyalannya. Bakso yang enak ialah yang dimakan masih terasa kenyal dimulut. Kebanyakan orang suka bakso karena kenyalnya tersebut.

Pedagang bakso di sekitar kita begitu banyak. Tapi setiap pedagang bakso memiliki resepnya sendiri dalam mengolah baksonya. Ada pedagang bakso yang membuat bakso dengan tekstur kasar, namun ada juga yang membuat dengan tekstur lembut.

Tekstur kasar disini dapat kita rasakan ketika mengunyah bakso tersebut. Terdapat serat-serat kecil seperti cicangan daging dan urat. Nah kalau tekstur lembut biasanya ketika dimakan bisa lebih mudah dikunyah. Keduanya memiliki penggemar masing-masing.

Tahukah kamu bahwa tidak semua daging bisa dijadikan bakso? hanya bagian-bagian tertentu saja yang dapat dijadikan sebagai bakso yang enak. jika kamu salah memilih dagingnya, maka tekstur dan rasa nya akan kurang.

Inilah bagian-bagian yang harus kamu perhatikan dalam membuat bakso sapi, ayam, dan ikan. Membuat sendiri dirumah lebih higienis dan bisa kamu racik sendiri rasanya. Yuk intip tips memilih daging untuk bakso.

Tips Cara Memilih Daging Untuk Bakso Sapi, Ayam Dan Ikan

@spicyfoodid

Tips Memilih Daging Sapi Untuk Bakso

Buat kamu yang mau membuat bakso halus, kamu bisa pakai bagian paha belakang/tanjung. Bagian ini merupakan tempat rendah lemak dan otot. Hasilnya saat digiling lebih mudah halus. Bakso akan lebih terasa lembut, kenyal dan renyah.

Kalau mau membuat bakso kasar atau bakso urat kamu bisa pakai bagian sengkel. Bagian ini terdapat banyak urat yang akan membuat bakso berteksur kasar dan kenyal.

Untuk pemilihan daging haruslah yang segar. Ciri-ciri terlihat pada warnanya. Warna daging terlihat merah segar, tidak berwarna pucat. Jika dipegang pada permukaannya akan terasa kenyal, mengkilat dan licin. Dari segi aroma tercium bau khas daging, tidak berbau busuk dan menyengat.

Jika ingin menambah rasa gurih pada rasa bakso. kamu bisa menambahkan daging tetelan. Campuran daging tetelan janganlah terlalu banyak, hitunglah komposisinya sebaik mungkin.

Tips Memilih Daging Ayam Untuk Bakso

Kalau kamu lagi ingin makan bakso daging ayam kamu bisa pilih bagian dada ayam. Gunakan fillet untuk bagian dada ayam agar nantinya bakso akan kenyal. Daging juga harus segar agar tetap sehat untuk dikonsumsi. Warna yang segar adalah putih kekuningan dan tidak berbau busuk.

Tips Memilih Daging Ikan Untuk Bakso

Gunakanlah daging ikan tuna atau tenggiri untuk membuat bakso ikan. Pilih juga ikan yang masih segar agar kandung airnya sedikit dan dagingnya putih. Cara memilih ikan yang masih segar adalah lihat insangnya masih terlhat merah, dagingnya yang kenyal dan matanya yang menonjol.

Bahan yang wajib kamu gunakan agar bakso terasa kenyal adalah STPP (Sodium Trypoliphosphat). ini merupakan bahan untuk mengenyalkan bakso. perlu diingat, carilah STPP yang FOOD GRADE / untuk makanan. Agar aman dikonsumsi dan jangan menggunakan terlalu berlebihan, karena rasa bakso akan terasa pahit nantinya.

Sudah tau kan memilih daging baksonya? Jangan lupa share.