Keripik kentang adalah cemilan yang populer dikalangan masyarakat. Boleh dibilang ribuan orang ngemil keripik kentang. Tahukah kamu ternyata ada tips  memilih kentang yang berkualitas bagus. Seperti apa sih tips nya ?

Kentang merupakan salah satu jenis sayuran. Di beberapa Negara, kentang merupkanan makanan pokok mereka. mengandungan karbohidrat yang hampir setara dengan nasi.

Kentang juga dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan. Mulai dari sup kentang, mie kentang, kentang balado, kentang goreng, perkedel dan makanan manis seperti donat.

Membeli kentang bisa di pasar maupun supermarket. Kalau soal pilihan sih lebih baik kamu membelinya di pasar tradisional. Karena lebih lengkap dan lebih banyak pilihan.

Untuk membuat keripik kentang yang pertama harus kamu tau adalah jenis-jenis kentang itu sendiri. Setiap jenis kentang memiliki tekstur dan rasa yang berbeda-beda. Jadi jenis kentang manakah yang cocok untuk dijadikan keripik?

Kentang Putih

Kentang putih ialah kentang yang memiliki daging berwarna putih. Kentang ini lebih cocok dijadikan soup, sambal balado ataupun kue. Karena tekstur kentang putih cenderung lengket dan memiliki rasa yang hambar.

Kentang Mentega

Kentang metega yaitu ketang yang berwarna kekuningan persis seperti mentega. Tekstur kentang terasa lebih empuk daripada si kentang putih. Kadar air ada kentang mentega juga terbilang minim. Jadi jenis kentang inilah yang paling cocok dijadikan keripik. Rasa nya akan lebih kruchy.

Kentang Merah

Kentang merah adalah kentang yang cukup langka. Kentang merah hanya terdapat pada daerah dieng. Uniknya kentang merah hanya berwarna merah pada kulitnya, tapi isinya berwarna kuning. Kentang jenis ini cocok untuk menjaga kesehatan jantung dan daya tahan tubuh.

Ada 3 jenis kentang yang, salah satunya yang cocok untuk dijadikan keripik kentang adalah jenis kentang mentega. Tekstur dan kadar air yang tidak terlalu banyak. Karena kalau tekstur air terlalu banyak, kemungkingan kentang akan terasa lebih alot.

Setelah mengetahui jenis kentangnya, kamu harus pakai tips memilih kentang yang segar dan berkualitas baik.

Tips Memilih Kentang Yang Bagus Untuk Dijadikan Keripik

@swahiliconey

Pilihlah Kentang Yang Berat/Berisi

Kentang yang berat menandakan bahwa ia tumbuh dengan sehat. Didalamnya tidak akan ada cacat. Jadi ga perlu khawatir terbuang nantinya.

Lihatlah Warnanya

Belilah kentang yang berwarna kekuningan. Ingat jangan yang berwarna kehijauan ya, karena kentang berwana hijau merupakan kentang beracun. Jadi jangan sampai salah pilih.

Kulit Luarnya Tidak Bertunas

Selain kentang hijau, kentang beracun lainnya ialah kentang yang memiliki tunas. Apalagi kentang yang sudah keriput, pokoknya jangan dipilih karena kualitasnya sudah tidak bagus.

Itulah tiga tips memilih kentang yang berkualitas bagus. Pokoknya kentang yang masih bagus pasti berat, tidak lebek dan berwarna kekuningan.

Kamu juga harus menyesuiakan ukuran kentang dengan keripik yang kamu buat. Kalau bisa dengan ukuran yang relatif besar. Agar keripik lebih terlihat jumbo. Untuk rasa pada keripik kentangnya kamu bisa menambahkan bumbu taburnya.

Mengiris kentang hingga tipis juga memerlukan mesin yang mumpuni, Bayoran Teknik punya Mesin Slicer Kentang tersebut. Kami juga menyediakan alat untuk mengeringkan keripik kentang dan alat pencampur bumbu untuk kentang.

Bayoran sudah terbukti lebih dari 30 tahun. Jangan Lupa liat mesin-mesin Bayoran Teknik ya.